Antibiotik untuk sapi

Antibiotik untuk ternak
Dalam kedokteran hewan modern, antibiotik adalah salah satu kelompok yang paling umum dari zat aktif biologis yang digunakan oleh manusia. Koneksi ini selama lebih dari satu dekade membantu petani ternak untuk mengatasi sejumlah penyakit, yang meningkatkan tidak hanya efisiensi pertanian, tetapi juga profitabilitas peternakan, termasuk di peternakan. Dalam artikel ini, kami akan mempertimbangkan secara detail jenis utama antibiotik hewan, serta prinsip penggunaannya yang aman dalam perawatan ternak.

Pentingnya antibiotik untuk ternak

Saat ini, antibiotik dalam kedokteran hewan menempati salah satu posisi terdepan dalam hal produksi industri. Dengan bantuan mereka, penjaga ternak di seluruh dunia berjuang dengan berbagai infeksi, dan juga digunakan sebagai makanan tambahan. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan aktivitas metabolisme hewan, sebagai akibatnya sapi tidak hanya meningkatkan massa tetapi juga meningkatkan volume produksi ternak akhir.
Antibiotik untuk sapi
Dalam kondisi modern, hewan pemuliaan tanpa terapi antibiotik aktif tidak mungkin. Pemuliaan ternak industri melibatkan menjaga hewan dalam kontak dekat dan sering di daerah kecil. Wilayah yang terbatas, serta kebebasan bergerak menyebabkan penurunan tajam fungsi pelindung organisme pada sapi, jadi tanpa antibiotik hewan seperti itu sering sakit dan menderita segala macam penyakit.

Apakah kamu tahu? Antibiotik pertama, yang dilepaskan ke dalam produksi industri, adalah salvarsan. Itu terjadi pada 1910 berkat bakteriolog Jerman Paul Ehrlich.

Selain itu, pemeliharaan hewan dalam kondisi yang sempit berkontribusi pada munculnya tanah yang sangat menguntungkan untuk pengembangan semua jenis infeksi. Dalam hal ini, pengenalan obat-obatan aktif secara periodik ke dalam tubuh adalah satu-satunya cara yang dapat mencegah penyebaran di antara ternak penyakit berbahaya. Kebutuhan untuk langkah-langkah tersebut untuk kawanan juga dikondisikan oleh kebutuhan alami dari peternakan untuk menyusun kembali hewan. Hal ini menyebabkan stres berlebihan bagi sapi, yang dengan latar belakang bahkan infeksi ringan dapat menyebabkan kematian ternak. Untuk menghindari ini, antibiotik digunakan yang dapat segera menghentikan proses tersebut pada tahap awal.
Sapi
Efektivitas dan kegunaan terapi antibiotik sangat berharga untuk pertanian. Obat-obatan semacam itu membantu mengurangi biaya pakan secara keseluruhan, dan juga hampir sepenuhnya menghindari kerugian bagi industri. Ini mengarah pada peningkatan efisiensi pengelolaan ternak, dan juga secara positif mempengaruhi profitabilitas produksi secara keseluruhan. Akibatnya, adalah mungkin untuk mengurangi harga akhir bagi konsumen produk ternak, dan ini adalah salah satu dasar yang membantu memerangi kelaparan di seluruh dunia.

Tetapi antibiotik memiliki beberapa keanehan aplikasi. Untuk jenis ini berarti harus didekati dengan perawatan khusus, karena penggunaan obat yang tidak rasional berdampak buruk pada tubuh hewan. Jangan juga lupa bahwa alat seperti itu sering tidak diinginkan untuk penggunaan sapi steril. Antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai patologi janin dan bahkan kematiannya. Satu-satunya pengecualian adalah persiapan, berdasarkan komponen alami (penisilin, makrolida, sefalosporin, dll.).

Penting! Antibiotik diberikan hanya untuk tujuan dokter hewan yang berpengalaman, jika tidak menggunakan obat yang tidak terkontrol dapat merugikan tubuh hewan.

Antibiotik untuk sapi

Di antara massa besar dari semua jenis obat-obatan, antibiotik menempati posisi terdepan. Ilmu pengetahuan modern tahu lebih dari 2 ribu senyawa dari kelompok ini, di antaranya ada asal-usul alami dan sintetik, yang disebabkan oleh toleransi yang tinggi dari makhluk hidup terhadap zat-zat seperti itu. Tetapi di antara mereka ada kelompok sempit antibiotik berkualitas tinggi dan murah, yang belum kehilangan aktivitasnya selama beberapa tahun.

Tetrasiklin

Persiapan antibakteri yang kuat dari berbagai efek, berdasarkan komponen alami. Mereka diperoleh dengan ekstraksi dari media kultur bakteri Streptomyces aureofaciens.
Tetrasiklin
Tetracycline paling sering digunakan untuk mengobati semua jenis penyakit menular yang resisten terhadap penisilin dan zat-zat rendah aktif lainnya. Tetracycline diproduksi dalam bentuk tablet, jumlah zat aktif utama dalam satu tablet tersebut adalah 0,1 g. Antibiotik digunakan untuk mengobati salmonellosis, colibacillosis, pasteurellosis, pneumonia dan infeksi lainnya yang patogennya sensitif terhadap tetrasiklin. Obat ini diberikan secara oral, 20 mg / individu, setiap 12 jam. Durasi terapi adalah 5-7 hari.

Baca lebih lanjut tentang gejala dan pengobatan colibacteriosis dan bronchopneumonia pada betis.

Penisilin

Obat antimikroba dari berbagai efek. sarana Bekerja untuk mengendalikan infestasi bakteri yang disebabkan oleh bakteri dari genus Bacillus, Neisseria, Pasteurella, Streptococcus, Staphylococcus dan lain-lain. Persiapan diperoleh ekstraksi senyawa tertentu dari cairan kultur jamur genus Penicillium. Penisilin diproduksi sebagai bubuk kristal putih garam kalium dan natrium dari benzylpenicillin (1.000.000 unit).
Penisilin
Agen ini digunakan untuk injeksi intramuskular atau intravena – untuk tujuan ini bubuk dilarutkan dalam air suling steril dengan larutan novocaine 0,5%. Obat yang diberikan 4-6 kali sehari, dosis tunggal penisilin sedangkan untuk orang dewasa berkisar 3.000-5.000 U / kg berat badan, untuk hewan muda – sekitar 5000 U / kg berat badan. Durasi terapi adalah 5-6 hari, tetapi dengan infeksi yang terlalu agresif, itu berlangsung hingga 7-10 hari.

Apakah kamu tahu? Penicillin secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 1928, selama salah satu eksperimen ahli bakteriologi Inggris terkenal, Alexander Fleming.

Streptomisin

Obat Bakteriostatik yang berasal dari alam. Komponennya diisolasi dari cairan kultur bakteri Streptomyces globisporus.

Ini digunakan untuk memerangi patogen hewan patogen yang menyebabkan mastitis, pneumonia, meningitis, leptospirosis, tularemia, infeksi diplokokkovuyu, endometritis, endokarditis, septikemia, kampilobakteriosis, aktinomikosis dan infeksi lainnya, sensitif terhadap streptomisin sulfat.
Streptomisin
Persiapan diproduksi dalam bentuk bubuk steril putih yang digunakan untuk intramuskular, intramuskular, intraperitoneal, intrakaviter, suntikan intrauterin, serta eksternal secara internal.

Obat ini diberikan 2 kali sehari, di pagi hari dan di malam hari. Untuk ini, streptomisin dilarutkan dalam air suling steril atau 0,5% larutan novocaine. Dosis tunggal untuk orang dewasa adalah 5 mg streptomisin sulfat / kg berat badan, untuk hewan muda – sekitar 10 mg / kg berat badan. Total durasi terapi adalah dari 4 hingga 7 hari.

Pelajari lebih lanjut tentang perawatan mastitis (purulen), leptospirosis, endometritis, actinomycosis ternak.

Ceftiocline

Antibiotik cephalosporin adalah spektrum efek yang luas. Persiapan adalah suspensi cair homogen warna kuning atau coklat terang. Ceftioclin digunakan untuk mengobati endometritis, necrobacteriosis, dan berbagai infeksi saluran pernafasan pada sapi, Pasteurella, Haemophilus, Streptococcus, Escherichia, Fusobacterium, Bacteroides.
Ceftiocline
Masukkan agen secara subkutan atau intramuskular tidak lebih dari 1 kali per hari. Dosis satu kali untuk ternak adalah 1 ml persiapan / 50 kg berat badan hewan. Durasi terapi untuk penyakit pernafasan daun dari 3 hingga 5 hari, tetapi jika perlu, terapi diperpanjang sampai gejala akut infeksi menghilang.

Baca juga tentang penyakit sapi: hypodermosis, chlamydiosis, brucellosis, thelaziasis, Babesiosis, diktiokauloz, asidosis, leptospirosis, rabies, EMKAR, klostridioz, cacar, bursitis, alergi.

Amoxysan

Antibiotik semisintetik aktif, yang termasuk dalam kelompok penicillin. Hal ini diperoleh dengan ekstraksi komponen individu dari cairan budaya jamur jamur dari genus Penicillium dan modernisasi lebih lanjut mereka dalam kondisi laboratorium.
Amoxysan
Amoxisan adalah suspensi cair dari warna kekuningan (kadang-kadang dengan endapan putih kecil). Amoxisane digunakan untuk melawan berbagai penyakit infeksi pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, sistem reproduksi, saluran kemih, sendi dan jaringan lunak. Masukkan obat dengan injeksi intramuskular atau subkutan, dengan perhitungan 0,1 ml / kg berat badan. Oleskan perangkat sekali, tetapi jika perlu, dan untuk memperbaiki hasilnya setelah 48 jam, injeksi akan diulang.

Apakah kamu tahu? Antibiotik semi sintetis pertama di dunia dirilis pada tahun 1961 oleh perusahaan induk farmasi Inggris, Beecham. Ini adalah ampisilin obat yang terkenal di dunia, yang aktif digunakan oleh obat sampai hari ini.

Gentam

Agen antibiotik semisintetik dari spektrum yang luas, mengacu pada persiapan gabungan dari alam pen isilin. Dapatkan dengan memodifikasi antibiotik alami yang dikeluarkan oleh jamur jamur dari genus Penicillium. Gentam adalah suspensi transparan untuk injeksi.

GentamObat ini menekan sejumlah besar bakteri Gram-positif dan Gram-negatif, oleh karena itu itu secara luas digunakan untuk memerangi berbagai infeksi pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, sistem urogenital, sendi, lesi kulit pada titik dan jaringan, serta nekrobakterioze dan mastitis.

Masukkan obat 1 kali per hari secara subkutan atau intramuskular, dengan perhitungan 0,1 ml / 10 kg berat badan hewan. Durasi terapi adalah dari 2 hingga 5 hari, tetapi jika diperlukan, itu berlangsung lama.

Lihat skema vaksinasi untuk ternak.

Oflosan

Agen antimikroba dan antimikroba dari berbagai efek, termasuk kelompok fluoroquinolones. Oflosan aktif menekan perkembangan pluralitas mikroorganisme patogen, termasuk bakteri Escherichia genera, Enterobacter, Salmonella, Shigella, Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Campylobacter, Haemophilus dan Staphylococcus. Oflosan adalah cairan gelap warna kuning kuning atau cahaya (pada penyimpanan lama diperbolehkan cair kekeruhan sedikit menghilang setelah gemetar).
Oflosan
Berarti digunakan untuk melawan berbagai infeksi pada saluran pencernaan, pernapasan, sistem genitourinary, arthritis, colibacillosis, streptococcosis, salmonellosis, peritonitis, septikemia, enteritis nekrotik dan penyakit lainnya. Oleskan obat secara oral, satu kali sehari, dengan perhitungan 0,5 ml / 10 kg massa hewan. Dengan salmonellosis, infeksi campuran dan kronis, 1 ml obat dilarutkan dalam 1 liter air dan digunakan untuk menyiram ternak sepanjang hari. Durasi terapi dengan losanom adalah 3 hingga 5 hari.

Baca juga tentang gejala (batuk, diare) dan penyakit anak sapi: penyakit otot putih, rakhitis, dispepsia, hernia umbilikalis.

Etiscur

Antibiotik yang kuat, milik sefalosporin generasi ke-4. Obat ini memiliki efek bakteriostatik yang kuat pada bakteri patogen ternak. Agen ini didasarkan pada antibiotik alami yang diisolasi dari cairan kultur bakteri Cephalosporium acremonium.
Etiscur
Efikur adalah suspensi putih homogen atau solusi dengan nada agak kekuningan. Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi pernafasan, serta untuk memerangi metritis pascapartum, rumit oleh infeksi bakteri. Efikur disuntikkan 1 kali per hari, dengan suntikan intramuskular, dengan perhitungan 1 ml / 50 kg berat badan. Durasi terapi seperti itu sering dari 3 hingga 5 hari.

Penting! Efikur dilarang keras untuk diberikan kepada hewan yang memiliki kepekaan yang meningkat terhadap antibiotik dari kelompok beta-laktam. Jika tidak, hewan itu bisa mengalami syok anafilaktik.

Ceftosan

Agen bakteriostatik yang sangat aktif, yang termasuk dalam persiapan kelompok cephalosporin. Ceftiosan berasal dari alam, senyawa aktif utama dari agen diisolasi dari cairan kultur bakteri Cephalosporium acremonium. Secara tampilan, obat terlihat seperti suspensi, dengan karakteristik warna kuning muda.
Ceftosan
Ceftiosan memiliki efek antibakteri yang kuat pada berbagai strain patogen mikroorganisme yang menyebabkan berbagai penyakit pernafasan, serta nekrobakteriosis dan endometriosis, termasuk dalam perwakilan dari genera yang Streptococcus, Actynomyces, Staphylococcus, Salmonella, Escherichia, Pasteurella, Haemophilus, Actinobacillus, Klebsiella, Citrobacter, Enterobacter, Bacillus, Bacteroides, Proteus dan Fusobacterium. Ceftiosan digunakan sebagai cairan suntik untuk pemberian intramuskular. Masukkan obat tidak lebih dari 1 kali per hari, dengan perhitungan 1 ml / 50 kg berat badan hewan. Ketika durasi penyakit pernapasan terapi tersebut berkisar antara 3 sampai 5 hari di nekrobakterioze – tidak lebih dari 3 hari, selama endometriosis – sekitar 5 hari.

Ini akan berguna bagi peternak sapi untuk belajar tentang penyakit ternak: penyakit pada ambing, kuku dan kaki, persendian.

Amoxicillin

Obat antibiotik semisintetik dari kelompok penicillin, yang memiliki berbagai efek. Persiapkan dengan bantuan modifikasi laboratorium dari agen bakterisida alami yang dilepaskan oleh jamur dari genus Penicillium selama aktivitas vital mereka.
Amoxicillin
Ini adalah cairan berminyak amoxicillin dengan warna kekuningan yang khas. Ini berarti secara aktif digunakan untuk mengobati berbagai infestasi disebabkan oleh berbagai macam kedua bakteri Gram-negatif dan Gram-positif, termasuk infeksi pada saluran pencernaan, sendi, sistem genitourinari, organ pernapasan, jaringan lunak, dan sebagainya. Dll. Gunakan obat sekali, untuk suntikan subkutan atau intramuskular, dengan perhitungan 1 ml / 10 kg berat badan hewan. Jika perlu, obat tersebut diperkenalkan kembali, tetapi tidak lebih awal dari 48 jam kemudian.

Penting! Penggunaan bersama dari 2 atau lebih kelompok antibiotik diperbolehkan dalam kasus luar biasa dan hanya di bawah pengawasan dokter hewan.

Kapan saya bisa minum susu setelah antibiotik?

Hampir semua antibiotik yang dikenal dicirikan oleh cukup lama tinggal di tubuh, termasuk sebagai turunan dari produk pembusukan. Itulah mengapa senyawa ini cukup berhasil menjenuhkan hampir semua organ, jaringan dan cairan fisiologis, termasuk susu. Ini adalah norma alami, karena fitur khusus ini memprovokasi antibiotik bakteriostatik tinggi dalam kaitannya dengan mikroorganisme patogen.

Periode penarikan senyawa tersebut sering tergantung pada jenis zat. Sebagian besar senyawa penisilin benar-benar hilang dari tubuh dalam waktu 3-5 hari, sedangkan preparasi sintetis yang kompleks membutuhkan sekitar 14 hari. Namun, jika hewan itu terlalu dilemahkan oleh tubuh infeksi, dengan latar belakang ini, penurunan aktivitas metabolisme, yang secara negatif mempengaruhi ekskresi derivatif antibiotik. Itu sebabnya, menurut persyaratan dokter hewan umum, setelah terapi antibiotik aktif produk ternak tidak cocok untuk 20-25 hari berikutnya, sejak pemberian obat terakhir.
Sapi dan susu
Antibiotik – ini adalah kelompok penting obat-obatan, yang tanpanya pemeliharaan peternakan modern tidak mungkin dilakukan. Obat-obatan ini memiliki efek antibakteri yang kuat pada berbagai infeksi dan membantu menghentikan epidemi pada tahap awal. Tetapi pengobatan seperti itu harus diberikan hanya untuk hewan di bawah pengawasan dokter hewan yang berpengalaman, jika tidak terapi perawatan akan menjadi penyebab kejengkelan kesehatan umum hewan.


Like this post? Please share to your friends:
Leave a Reply

;-) :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:

41 + = 49

map