Bagaimana cara menangani hama persik

Persik
Pohon persik dapat diserang oleh hama kebun (kutu daun, scute, ngengat buah, bonggol, dll.).

Hama persik merusak daun dan tunas, memperlambat perkembangan, menghancurkan tanaman dan dapat menyebabkan kematian tanaman. Untuk menghindari ini, Anda perlu:

  • tepat waktu mendeteksi munculnya hama (masing-masing hama “memiliki” tulisan tangan, yang menurutnya dapat dihitung);
  • ambil tindakan yang tepat.

Berbunga
Tindakan pengendalian hama termasuk tindakan agro-teknis tertentu (penggalian musim gugur dan musim semi, menyingkirkan daun-daun yang gugur, membersihkan kulit kayu, memotong tunas, menyiram dengan air kapur, memasang perangkap, dll.) dan perawatan kimiawi peach dari hama dengan persiapan khusus (untuk setiap jenis OPT diperlukan untuk memilih insektisida spesifik).

Penting! Pestisida harus disemprot dan ditutupi kabut – semprotan terkecil – seluruh pohon secara merata. Penting untuk diperhatikan, bahwa solusinya ada di kedua sisi lembaran – eksternal dan internal, melembabkan kulit kayu (terutama retakan).

Kumbang

Kumbang dan larva mereka merusak pohon persik dengan serius – menggerogoti daun muda, tunas, kerusakan tunas muda dan kuncup bunga (menggerogoti kelopak, putik dan benang sari), membawa penyakit jamur.

Kumbang Pertarungan melawan kumbang termasuk, pertama dan terutama, tindakan pencegahan (tindakan pencegahan yang kompeten akan memastikan perlindungan kebun yang andal). Pencegahannya adalah sebagai berikut:

  • melihat dan memeriksa cabang-cabang pohon kebun, memeriksa bibit (terutama koma bumi radikal);
  • perencanaan yang kompeten dari area dengan tanaman rentan terhadap bonggol, di berbagai bagian taman;
  • musim gugur dan musim semi menggali buah persik, membersihkan kulit kayu tua;
  • musim semi kapur dengan susu kapur (1,5 kg kapur mati per 10 liter air) dari bagian bawah batang (selama pembengkakan kuncup);
  • pemasangan sabuk berburu di bagasi (dari tanah ke cabang pertama);
  • penyemprotan awal tunas dengan campuran air sabun cuci dan bubuk mustar (dapat diganti dengan abu kayu);
  • mendarat di sekitar tempat tidur bawang putih peach (bau tajam membuat takut kumbang).
Apakah kamu tahu? Kumbang adalah kumbang hitam-coklat berukuran 7 hingga 12 mm dengan belalai panjang (karena itu serangga sering disebut gajah). Mereka bereproduksi dengan parthenogenesis (di wilayah kita hanya betina hidup). Satu betina dapat menghasilkan 1.000 telur. Kumbang musim dingin di tanah, keluar di udara pada bulan April, telur diletakkan pada bulan Mei (di kuncup bunga).

Jika pencegahan hama tidak membantu, dan bonggol masih tertutup, paling sering menerapkan metode biologis (alami) dan kimia (insektisida).

Metode biologis lebih aman untuk tanaman dan serangga penyerbuk (lebah):

    Kerusakan daun
  • Menggunakan musuh alami kumbang penggerek – misalnya, dari Mei hingga Juni Anda dapat menggunakan nematoda. Obat dengan entomonematoda dalam bentuk bubuk (“Entonem-F” atau “Nemabakt”) dilarutkan dalam air. Kemudian, dengan solusi ini, akar buah persik disiram. Nematoda dengan air menembus ke dalam larva kumbang penggerek dan membunuh hama.
  • Koleksi serangga “Pagi” – di pagi hari, ketika kutu masih membeku dari kesejukan, Anda dapat menyingkirkannya dari cabang-cabangnya dengan selimut atau kain minyak.
  • Penghapusan tunas yang rusak (terlihat pada ujung coklat).

Jika metode yang aman tidak mengarah pada hasil yang diinginkan, Anda perlu menerapkan cara yang lebih radikal – taburi tunas dengan insektisida.

Aplikasi tergantung pada obat, tapi pertama kali perlu proses seminggu sebelum pembukaan bunga ( “Karachar” obat “Fitoferm” “Spark M”), sejumlah obat memungkinkan aplikasi tiga kali lipat – sebelum berbunga, fase terakhir dari berbunga dan 10 hari setelah akhir berbunga (“Fufanon”, “Kemifos”, “Novaktion”, dll.).

Sebelum digunakan, baca instruksi dengan seksama. Laju alir biasa adalah 2 hingga 5 liter per pohon.

Penting! Untuk menghindari kecanduan hama terhadap insektisida, tidak dianjurkan untuk menerapkan satu dan yang sama berturut-turut, lebih bijaksana untuk menggunakan persiapan yang berbeda. Jika ada banyak pohon, maka sebelum penggunaan pertama perlu untuk menguji tindakan alat pada satu pohon.

Kutu

Centang
Kutu (arachnida merah, umum, dll.) Memakan sari tanaman dan tidak hanya mengurangi hasil buah persik, tetapi juga menghancurkan pohon.

Centang pada buah persik hampir tidak terlihat – ukurannya mencapai 1 mm. Mereka hidup di permukaan bagian dalam daun, buah, tunas.

Sinyal kehadiran mereka adalah munculnya jaring di antara daun, pada batang (di jaring laba-laba tungau dapat dibawa oleh angin ke pohon lain).

Pada musim panas, tungau sangat cepat bereproduksi (dari telur hingga dewasa – tujuh hari). Tungau hujan, kesejukan dan kelembapan tidak suka.

Apakah kamu tahu? Kutu adalah keluarga dari subkelas Arthropoda kelas Arakhnoid (8 kaki beranggota lima, dua pasang mata, kepala yang menyatu dengan payudara, kemampuan beradaptasi tinggi). Di dunia mereka ada lebih dari 50 ribu varietas. Ukuran kecil (dari 0,4 hingga 1 mm) membuatnya sulit mendeteksi hama pada waktunya.

Buds
Langkah-langkah pencegahan reguler (kapur, perangkap sabuk, penghancuran daun jatuh, dll) mengurangi risiko infeksi buah persik dengan kutu, tetapi tidak menjamin 100%.

Oleh karena itu, perlu secara sistematis memeriksa daun dan ranting pohon. Ketika ada tanda-tanda kutu – ambil tindakan. Dalam kasus yang tidak terabaikan, adalah mungkin untuk menawarkan metode perjuangan rakyat yang efektif (tanpa kimia berat). Ini penyemprotan:

  • dengan larutan tembakau. Sebuah solusi dibuat dari kilogram debu tembakau (tersedia di toko kebun) dan 20 liter air (sebaiknya awalnya diencerkan ke keadaan seragam dalam ember), tambahkan 50 g sabun (untuk adhesi yang lebih baik). Taburkan dua kali sehari dengan istirahat tujuh hari;
  • infus chamomile (Bersikeras 12 jam satu kilo chamomile dalam seember air). Pemrosesan juga harus dilakukan dua kali dengan istirahat satu minggu.

Jika pohon tersebut telah mengalami invasi besar terhadap kutu, maka insektisida dan acariides akan datang untuk menyelamatkan. Penyemprotan dilakukan dua kali – setelah munculnya ovarium dan sebulan sebelum panen (ini akan memungkinkan untuk menghancurkan larva dan dewasa pertama, dan kemudian menetas dari telur).

Cara yang paling efektif:

  • belerang koloidal (10 liter – 80 g) – diproses selama musim tanam dari 1 hingga 6 kali (setiap perawatan berikutnya – setiap hari);
  • «Phyto-farms“(Per liter – 15 ml) – 2 kali selama vegetasi (yang kedua – setelah dua hari);
  • «Neoron“(10 liter – 15 ml) – sekali 45 hari sebelum panen;
  • «Karate“(10 liter – 5 ml) – 2 kali selama musim tanam (yang kedua – setelah 20 hari).

Jus Buah

Ulat Caterpillar
Plodzhozhorki menimbulkan ancaman serius terhadap tunas muda dan untuk panen (jika perjuangan dengan hama persik ini terlambat, maka semua buah dapat mati). Lebih sering buah persik menjadi korban buah timur dan plum.

Ngengat Timur

Kerusakan dari ngengat timur tidak hanya merusak buah. Ulat memakan tunas-tunas muda, memindahkan jamur (termasuk ascomycete, menyebabkan moniliosis). Tanda-tanda pertama hama adalah:

  • permen karet pada tunas-tunas muda, retakan memanjang, kelesuan dan kematian mereka;
  • lubang cacing di permukaan buah persik.
Apakah kamu tahu? Ngengat timur adalah lepidoptera (panjang 15 mm). Perempuan lebih besar dari laki-laki. Sayap berwarna coklat keabu-abuan, tubuhnya gelap. Tempat kelahiran kupu-kupu adalah negara-negara Asia Timur. Penerbangan kupu-kupu berlangsung sebulan selama periode pembungaan persik. Lebih aktif di malam hari dan pagi hari. Telur (dari 100 hingga 200) diletakkan di bagian atas tunas, ginjal (betina dari generasi pertama), sepal dan batang (betina dari generasi kedua). Satu generasi hidup dari 24 hingga 40 hari. Untuk satu musim bisa lewat hingga 4 generasi, melapiskan satu sama lain. Musim dingin menunggu di celah-celah pada kulit kayu, di bawah daun jatuh.

Ketika melawan ngengat timur, agotechnical, agen alami dan kimia digunakan:

    Ngengat Timur
  • agrotechnical mewakili langkah-langkah pencegahan dan kesehatan – di malam hari dari kulit mati terkelupas, daun-daun kering dihapus, Padalka, memotong tunas yang rusak pada musim gugur menggali (pada musim semi dan musim panas – longgar-mengisi) bumi di sekitar pohon. Gunakan juga perangkap – perekat dengan feromon pada pria (efisiensi penerimaan kecil) dari sabuk bagasi tentang masalah tersebut diresapi (satu persen triklorfon);
  • alami (Biologi) – menggunakan Trichogramma Hymenoptera (pengendara-oviphages yang parasit telur ngengat) – selama Bookmarks ngengat telur;
  • cara kimia diterapkan terhadap setiap generasi (termasuk setelah panen). alat yang ampuh melawan ngengat oriental adalah benzofosfat (10 l – 60 g) – disemprot tiga kali (interval antara pengobatan – 15 hari) setelah berbunga. Juga digunakan adalah “triklorfon” (10 l – 20 g), 25% “Rovikurt” (10 l – 10 g), 10% “Malathion” (10 l – 60 g)., Dll biasa aliran tingkat – 10 liter campuran pada pohon dewasa dan 2 liter pada yang muda.
Penting! Dilarang keras untuk mengobati insektisida selama berbunga pohon persik. Tanaman lain di kebun selama pengobatan persik dengan insektisida perlu ditutup dengan film.

Plum ngengat

Larva buah prem prem buah peach: makan daging dan nukleus batu, pecahkan pembuluh dari tangkai daun (masuknya cairan berhenti), janin mulai memudar, terlalu dini untuk bernyanyi dan jatuh.
Plum ngengat

Tanda pertama dari kehadiran ngengat prematur – menjatuhkan buah persik hijau secara massal dengan lubang cacing, serta penampilan pada buah dan daun benjolan jaring laba-laba.

Apakah kamu tahu? Plum ngengat dalam penampilan menyerupai timur, memiliki dimensi yang lebih besar (hingga 2 cm). Penerbangan kupu-kupu jatuh pada akhir Mei – awal Juni. Kupu-kupu hidup dari 4 hingga 15 hari, berhasil menabur hingga 50 telur per buah. Ulat itu sendiri menggerogoti kulit buah persik dan menembus ke janin. Untuk musim ini, dua generasi pesawat memiliki waktu untuk dilewati. Ulat hibernate dalam kepompong padat dari jaring laba-laba di celah-celah korteks, di tanah di bawah pohon.

Perlindungan peach dari hama ini dengan pengobatan agrotechnical dan natural mirip dengan yang diterapkan pada ngengat timur. Dengan sejumlah kecil hama, disarankan untuk menggunakan Bitoksibacillin biopreparasi terhadap setiap generasi (40-80 g per 10 liter).

Penggunaan bahan kimia memiliki spesifikasinya sendiri:

  • pengolahan dilakukan sampai munculnya ulat (ketika gumpalan web muncul) – “Intavir” (satu tablet per 10 l);
  • melawan ulat generasi kedua – Fufanon, Sumition, Novaktion (tapi tidak kurang dari 30 hari sebelum panen).

Mole

Ngengat kebun dan larvanya (terutama ngengat dan ngengat buah bergaris) merupakan ancaman serius bagi ginjal, tunas muda dan daun persik.

Meminimalkan Mole

Meminimalkan Mole
Ngengat penambang mengurangi kelangsungan hidup buah persik, menghambat pertumbuhan, mengurangi hasil tanaman. Gejala kerusakan mol – kekuningan dini dan hilangnya daun yang rusak oleh larva. Pada daun – bintik-bintik karakteristik (dalam bentuk terowongan, bintik-bintik, dll.).

Meminimalkan mol adalah sekitar 4 mm. Ngengat betina dari belakang daun meletakkan hingga 90 telur, dari mana larva mengunyah di daun piring tambang (kulit tidak rusak dalam kasus ini). Penambang hibernate dalam kerusakan pada kulit kayu, di bawah daun jatuh.

Ketika melawan ngengat tambang, membersihkan dan menghancurkan daun yang jatuh memainkan peran penting, pemangkasan musim gugur dari batang, menggali, mencuci dengan air selama musim panas kupu-kupu.

Sebagai insektisida alami, tingtur cabai merah (rebus satu jam, dalam 10 bagian air – 5 bagian lada, lalu satu hari untuk mendesak). Untuk 10 l – 125 ml tingtur, tambahkan 40 g sabun cuci. Penyemprotan harus dilakukan dua kali, dengan istirahat dalam seminggu.

Penggunaan produk-produk ini tidak menjamin pembebasan sepenuhnya dari hama, oleh karena itu sediaan kimia digunakan dari hama hama persik (untuk taburan daun, memasuki tanah, suntikan ke dalam batang).

Obat-obatan ini yang mempengaruhi perkembangan serangga (“Dimilin”, “Insegar”, “Match”, dll.) Dan organophosphorus dan insektisida organik (Bi-58 baru, Zolon, Confidor Maxi, dll.) .

Ngengat buah bergaris

Ngengat buah bergaris
Ulat ngengat buah dibedakan oleh kerakusan (satu ulat dapat menghancurkan 5-6 tunas), melahap ginjal, daun, menggerogoti tulang persik muda. Caterpillars ber-hibernasi, memanjat di bawah kulit pohon, di lipatannya, keluar selama periode tunas.

Kupu-kupu pertama muncul pada bulan Juni, di senja bertelur. Kedewasaannya adalah dua minggu. Pada akhir Agustus, kupu-kupu generasi kedua muncul.

Di antara cara-cara untuk memerangi hama, tempat besar ditempati oleh agrotechnical (pemangkasan cabang yang terkena dan tunas, pembersihan daun yang gugur).

Selama pembentukan tunas, persik dapat ditaburi dengan emulsi minyak industri 1-20A, “Carbophos” (10 liter – 30 g) atau “Chlorophos” (10 liter – 20 g). Selama bertelur, dedaunan dapat diobati dengan preparat kimia berdasarkan phenoxycarb, dan tugas bagaimana menyingkirkan ngengat pada buah persik akan kembali ke latar belakang.

Kutu daun

Kutu daun adalah serangga jenis mengisap. Dengan kekalahan kutu daun, tunas muda layu, kering, kehilangan daun, pohon mulai terasa sakit. Tanda-tanda keberadaan kutu daun:

  • akumulasi kutu daun (kuncup, dedaunan, tunas muda);
  • cairan lengket (pad), menutupi daun;
  • memutar ujung tunas;
  • pembentukan tunas dan buah-buahan dihentikan;
  • sejumlah besar semut (mereka tertarik ke pad).
Penting! Jika deteksi kutu daun yang tepat waktu mudah untuk diatasi – lepaskan tangan Anda, cuci dengan sabun dan air, dll. Jika waktu terlewat – Anda harus menggunakan pestisida yang kuat.

Untuk buah persik, ancaman khusus diwakili oleh kutu persik hijau, hitam dan bergaris.

Kutu persik hijau

Kutu persik hijau
Serangga berwarna hijau muda, kecil dalam ukuran (1,5 mm), membentuk koloni. Terutama kerusakan besar yang disebabkan oleh kerusakan hijau pada bibit muda: proboscules menusuk daun dan menghisap jus (daun berubah warna, menggulung, jatuh, bunga hancur, bibit dapat mengering).

Pucuk yang rusak di musim dingin membeku, jamur mengendap di musim gugur, pada pohon yang dilemahkan muncul penggerek-kumbang.

Untuk mulai menghancurkan kutu daun itu perlu dari metode yang lebih lembut untuk pohon persik:

  • agrotechnical: penebangan dari tunas radikal, penyiangan atau penyiangan vegetasi, membersihkan kulit kayu, menghilangkan kutu daun dengan tangan atau dengan aliran air yang kuat;
  • biologis: penggunaan musuh alami kutu daun (kepik, tawon, lalat, dll.). Menanam nettle, bawang, herbal, dll.
    Selain itu, secara efektif (di tahap awal) penggunaan decoctions dan infus dandelion (400 g daun ditanamkan 2 jam dalam 10 liter air hangat), bawang putih (300 gram bawang putih cincang dalam 10 liter air untuk bersikeras 20 menit), kulit bawang (150 g kulit untuk 10 liter air, bersikeras 5 hari, tambahkan 50 g sabun cuci) dan lainnya;
  • bahan kimia: menyemprot dengan pestisida. Di musim gugur – Bordeaux cair (2%), di musim semi, sebelum atau sesudah berbunga, – Bordeaux cair (1%), campuran tiazol dan fostiol, “Dipterex”. Dengan munculnya buah – “Bi-58 Baru”, “Aktofit” (8 ml per liter air), dll. Di musim semi, adalah mungkin untuk membunuh kutu daun setelah musim dingin dengan DNOC (dua tahun sekali).

Kutu persik bergaris

Kutu persik bergaris
Kutu belang bergaris pada buah persik menghisap sari dari kulit kayu dan tunas (kulit batang menjadi lengket), daun pada tunas atas berbalik, menjadi merah dan rontok.

Nama kutu daun itu karena 7-8 strip gelap pada batang kuning-hijau. Untuk musim dingin, telur tetap berada di celah korteks, larva muncul di awal musim semi (generasi pertama).

Makan dulu di ginjal, lalu di daun. Munculnya massa kutu daun bergaris – di generasi kedua dan ketiga. Di musim gugur, betina bertelur dua atau tiga telur dan mati.

Metode untuk memerangi kutu daun persik bergaris mirip dengan untuk mengendalikan kutu daun hijau.

Shield

Mulberry Shield
Perisai adalah serangga hama yang hidup di buah persik. The Shield mengisap jus dari kulit kayu, bertelur di dalamnya, dan musim dingin juga di kulit kayu. Dari berbagai jenis timbangan, timbunan murbei dan California mewakili bahaya khusus pada buah persik.

Tanda – layu dan puntir dari ujung-ujung tunas, kulit pohon yang longgar dan keropos di habitat sarung, tunas berhenti berbuah. Indikasi piring California adalah titik merah pada buah persik.

Apakah kamu tahu? Perisai mencapai ukuran 2 hingga 7 mm. Lapisan lilin warna abu-abu coklat atau gelap memberikan perlindungan dari agen kimia, dan tidak setiap insektisida akan merusaknya. Betina bersifat vivipar. Larva (gelandangan) aktif bergerak sampai mereka melekat dengan belalai dan benang lilin – dasar dari perisai – tidak terpisah.

Pertarungan dengan perisai dapat dilakukan secara manual: setelah menemukan perisai, Anda dapat menghancurkan hama (jika pohon masih kecil).

Efektif dalam memerangi langkah-langkah agrotechnical perancah – penipisan mahkota, penghancuran tunas yang terinfeksi, penghancuran tunas akar.

Alat yang bisa dicoba dan teruji adalah perawatan tanaman tingtur tembakau (400 g tembakau diresapi dalam 10 liter air di siang hari, didihkan selama 2 jam, tambahkan 50 g sabun cuci dan tuangkan 10 liter air lagi.).

Pada akhir April, Anda dapat menggabungkan penyemprotan terhadap kumbang dan sarung (persiapannya sama).

Perisai California
Dari pertengahan Juni hingga pertengahan Agustus ada penetasan massal dari tramps. Ini adalah waktu yang paling berhasil untuk penggunaan salah satu insektisida (DNOC 40%, Iskra-M, Aliot, Inta-VIR Kinmiks, Fufanon). Setelah seminggu, Anda dapat mengulangi prosedur, tetapi dengan obat lain.


Like this post? Please share to your friends:
Leave a Reply

;-) :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:

13 − = 9

map