Potong ceri di musim gugur + VIDEO

Pangkas ceri di musim gugur

Beberapa amatir tidak menganggap perlu memangkas pohon buah batu seperti ceri dan ceri.

Namun, ini salah. Pemangkasan memungkinkan memperpanjang umur pohon, meremajakannya, melindungi terhadap penyakit dan hama, dan mendorong pematangan panen buah yang sehat dan melimpah.

Pada tahun-tahun pertama kehidupan, pemangkasan membentuk mahkota pohon, yang penting untuk buahnya yang lebih banyak.

Cara yang benar, dan dalam hal apa untuk melakukan pemangkasan ceri manis, akan kita bahas dalam artikel ini.

Tentang waktu pemangkasan:

di musim semi

Anda harus melakukan pemangkasan saat pohon sedang beristirahat

Pemangkasan musim semi diperlukan untuk pohon, serta musim gugur. Aturan utama yang harus dipatuhi adalah bahwa pohon itu seharusnya belum meninggalkan keadaan istirahat, yaitu, aliran getah belum dimulai. Karena itu, pemangkasan dilakukan selambat-lambatnya awal Maret.

Selain itu, cuaca hangat yang stabil harus sudah ditetapkan, es tiba-tiba malam hari setelah pemangkasan akan sangat merusak pohon.

Dalam hal tidak Anda dapat memotong ujung cabang dan menghilangkan tunas pertumbuhan. Ini akan menyebabkan seluruh cabang yang terluka mengering.

Mahkota desidui tebal tipis harus vybrusno, tetapi tidak semuanya sekaligus.

Jika semua kondisi pemangkasan musim semi yang benar terpenuhi, maka kuda kecil akan mengarahkan semua kekuatannya ke cabang lateral dan di musim panas akan menyenangkan Anda dengan jenis yang sangat baik dan panen kualitatif.

di musim panas

Kadang-kadang pemangkasan cabang juga dilakukan di musim panas, karena beberapa tukang kebun percaya bahwa pohon itu sudah terlalu stres di musim dingin untuk mengalami tekanan yang lebih besar di musim semi.

Pemangkasan semacam ini juga menunjukkan hasil yang sangat baik.

Namun, perlu dicatat itu Hanya setelah panen, pemangkasan ini dimulai. Ini luar biasa karena cocok untuk semua daerah pendaratan. Namun, di wilayah utara lebih disukai.

Pohon setelah pemangkasan musim panas memiliki waktu untuk mendapatkan kekuatan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk musim dingin.

di musim gugur

Pertama Anda perlu menghapus cabang-cabang lama

Seperti pohon buah lainnya, musim gugur pemangkasan buah ceri harus dilakukan dari pertengahan September hingga akhir musim gugur. Namun, perlu untuk mempertimbangkan wilayah penanaman kebun, karena jika di daerah selatan pemangkasan cukup normal pada bulan November, maka untuk daerah utara, prosedur yang terlambat seperti itu dapat menjadi merusak pohon.

Kriteria utama untuk memulai pemangkasan adalah pohon sudah memasuki keadaan istirahat, tetapi saat salju belum tiba. Setelah pohon menumpahkan daunnya, pemangkasan dilakukan, terutama di daerah selatan.

Muda pohon tahun pertama kehidupan di musim gugur pertama tidak layak dipangkas. Cherezhenka masih belum cukup kuat untuk berdiri setelah prosedur serupa selama musim dingin. Tahun berikutnya, bibit harus dipangkas. Ini tidak hanya akan membentuk mahkota mereka, tetapi juga menyingkirkan mereka dari cabang yang kering dan tumbuh tidak tepat.

Pemangkasan di musim gugur juga diperlukan untuk keperluan sanitasi. Setelah semua, untuk mencegah infeksi penyakit atau hama dari seluruh kebun, perlu memotong cabang yang sakit dan terbakar. Pohon-pohon tua yang lalai perlu dipangkas dalam beberapa tahap, yaitu selama beberapa tahun.

Pertama-tama cabang terbesar dan tertua dihapus, kemudian mereka yang tumbuh salah, ke arah batang atau di sudut kanan, ranting menciptakan kepadatan yang berlebihan dan terjalin. Sebuah pohon dengan mahkota seperti itu akan kekurangan sinar matahari dan aliran udara, yang mengarah pada peningkatan morbiditas dan penurunan ukuran buah beri.

Jika pemangkasan dilakukan secara global dalam satu musim, maka pohon tersebut tidak akan pulih setelah intervensi kasar seperti itu dan dapat berhenti menghasilkan buah atau bahkan mati.

Jika Anda memindahkan ranting secara bertahap, dimulai dengan yang besar – ini tidak akan memperburuk hasil panen, dan bahkan sebaliknya. Sangat sering, pemangkasan cabang yang benar, menghidupkan pohon yang sudah tua, terabaikan, dan sakit. Pemangkasan seperti ini disebut penipisan.

Juga ada jenis pemangkasan lain – pemendekan. Selama acara semacam itu Anda harus menghapus hanya sebagian dari kenaikan. Pada pohon dua tahun, ranting lebih panjang dari 60 cm dipotong 1/3.

Proses pemangkasan buah ceri

Lebih baik meminta saran dari ahli tentang pemangkasan

Proses pemangkasan pohon ceri harus dimulai dengan fakta itu Penting untuk mempelajari semua materi informasi secara menyeluruh. Dan jika Anda masih tidak merasa percaya diri dalam masalah ini, lebih baik, pada awalnya, untuk menggunakan layanan spesialis. Setelah semua, pengakuan kesalahan dalam acara ini tidak dapat diterima. Pilihan cabang adalah ruam dan tanpa skema apa pun, dapat merusak pohon lebih banyak daripada jika Anda tidak menyentuh sama sekali.

Cherezhenka, seperti pohon buah lainnya, tumbuh di kamar bayi hingga satu tahun. Setelah itu, segera perlu pemangkasan, untuk membentuk tinggi batang dan bentuk mahkota sulung yang benar.

Sebuah pohon muda tahunan dipotong pada ketinggian sekitar 50-70 cm. Jika, dalam proses pertumbuhan, pohon tidak mencapai ketinggian yang direkomendasikan, maka pemangkasan tersebut akan tersisa untuk tahun berikutnya. Mahkota pohon yang terbentuk dengan benar harus berbentuk seperti cangkir atau dibuang. Apa yang mereka berbeda dan apa saja fitur bookmark mereka.

Deskripsi skema pemangkasan

Skema pemangkasan untuk mahkota longline yang dikosongkan, menyiratkan tindakan seperti itu:

  • Tingkat pertama dari cabang-cabang harus terdiri dari dua cabang yang berdekatan dari orde utama dan pertiga, yang terletak 20 cm di atasnya;
  • Tingkat kedua terletak di atas 70cm dari yang pertama dan hanya terdiri dari dua cabang;
  • Pada ketinggian 35 cm dari tingkat kedua, hanya satu cabang yang tersisa. Dalam setahun, setelah peletakannya, konduktor pusat harus dipotong.

Bentuk mahkota ini lebih disukai daripada ceri dengan banyak cabang, karena terdiri dari enam cabang utama.

Bentuk ceri yang manis berbentuk ceri terdiri dari empat atau lima cabang skeletal.

Kiat untuk memangkas

Anda bisa memberi beberapa dewan pemula, yang menggunakan tukang kebun berpengalaman:

  • Jika Anda ragu, jenis ranting yang Anda potong, mulailah dengan tunas yang tumbuh ke bawah, ke tanah;
  • Hapus cabang di batang yang terletak di bawah 80-90 cm dari tingkat tanah;
  • Jika ada tunas vertikal yang kuat, yang tidak perlu mengental mahkota pohon, dan juga memberikan tekanan yang berlebihan pada cabang horizontal, itu harus dipotong ke tempat tunas lateral atau ginjal;
  • Selama periode lima tahun pertama, pohon ceri mengalami pertumbuhan yang terlalu besar. Dalam hal ini, tunas tahunan panjang terbentuk, yang harus dipersingkat menjadi panjang 45-50 cm;
  • Untuk membentuk cabang semi-skeletal yang kuat, perlu menunggu hingga panjang tunas mencapai 70cm. Dan hanya setelah ini diperbolehkan untuk memangkas 20 cm, dan tidak lebih, karena kita masih harus memperhitungkan subordinasi tunas;
  • Ranting yang tidak berfungsi untuk membentuk dasar tutup pohon dipangkas menjadi 30 cm;
  • Ketika ketinggian pohon ceri mencapai lima meter, maka perlu memotong cabang skeletal di atas cabang luar, yang akan membatasi pertumbuhan tingginya;
  • Untuk memastikan bahwa pohon tidak mengalami permen yang banyak dari luka-luka yang terbentuk, ujung-ujung tepinya secara hati-hati diperlakukan dengan tanaman anggur dan dicat dengan lak atau cat;
  • Anda tidak bisa mentoleransi lingkaran cabang. Pada bagian bawah ceri manis, dua cabang semi-skeletal ditempatkan pada jarak 50 cm dari satu sama lain dan dari batang. Untuk tujuan ini, cabang-cabang yang miring paling cocok. Jika bentuk cup dari mahkota pohon terbentuk di atas batang, maka lima cabang skeletal biasanya digunakan untuk membookingnya.

Apa saja fitur pemangkasan?

Ada banyak fitur pemangkasan

Pertimbangkan beberapa fitur pemangkasan:

  • Hal ini diperlukan untuk memantau sudut kemiringan cabang yang tumbuh. Yang terbaik dari semuanya, ketika ranting tersebut berada pada kemiringan 45-50 derajat. Ini bisa dicapai dengan garter. Kenapa? Kulit pohon itu sangat rapuh dan pada tingkat kemiringan lebih atau kurang, cabang besar dapat putus, menarik bagian dari korteks batang, yang sering menyebabkan penyakit dan bahkan pengeringan ceri manis. Terutama ini berlaku untuk cabang-cabang dari tingkat yang lebih rendah. Karena tingkat kemiringan ranting yang salah, pohon itu bisa patah;
  • Dengan peningkatan tahunan yang lemah (pemanjangan tunas kurang dari 0,3 m), pemangkasan intensif diperlukan;
  • Untuk membentuk kerangka yang kuat, perlu untuk memotong semua cabang yang dapat mengklaim peran puncak pohon;
  • Sering kali lebih baik untuk menghilangkan satu cabang besar daripada banyak anak muda dan kecil;
  • Pohon muda seharusnya tidak dikenakan pemangkasan intensif, jika tidak maka akan mempengaruhi buahnya;
  • Ukuran tanaman tergantung pada sudut pertumbuhan cabang. Cabang-cabang horizontal paling berbuah;
  • Untuk mempercepat pertumbuhan cabang, perlu mengurangi jumlah tunas berbunga.
Juga menarik untuk membaca tentang varietas ceri manis untuk band tengah

Setelah peremajaan dan penyembuhan pohon, semua cabang yang terpotong harus ditumpuk dan dibakar. Karena mereka menyimpan sejumlah besar penyakit dan hama yang berbeda. Api akan menghancurkan semua larva dan spora, yang akan mencegah infeksi seluruh kebun.

Saya ingin menarik perhatian Anda pada pemangkasan jenis “non-bedah” ceri – ini lentur cabang. Dengan cara ini adalah mungkin untuk mengubah tingkat pertumbuhan cabang, sudut kemiringan mereka dan bahkan untuk membuat pohon menyingkirkan cabang-cabang yang tidak perlu.

Misalnya:

  • jika Anda dengan lembut memutar bagian atas pucuk dengan bumi, maka ceri akan melihatnya seperti almarhum, yang akan menyebabkannya mengering;
  • Anda dapat menghentikan pertumbuhan cabang jika Anda memberikan posisi yang sedikit melorot;
  • jika pemotretan menekuk tajam ke bawah, maka di bagian atas fraktur akan menumbuhkan tunas pengganti, dan sisa ranting akan layu;
  • Jika Anda perlu meningkatkan pertumbuhan cabang, Anda harus memberikan posisi yang lebih tegak. Sebaliknya, kemiringan horisontal akan memperlambat laju pertumbuhan;
  • Setelah mencapai sudut kemiringan cabang lateral dari batang pusat dalam 60-70 derajat, Anda akan mencapai penunjuk lebih banyak ginjal dan pertumbuhan moderat dalam panjang.

Alat apa yang harus saya gunakan

Anda hanya perlu memilih alat berkualitas tinggi

Saat membeli alat berkebun untuk memangkas kebun, Anda harus memperhatikan kualitas dan daya tahannya. Setelah memangkas pohon – pekerjaannya tidak mudah dan tidak semua alat universal akan mengatasinya.

Yang terbaik dari semuanya, ketika ada beberapa opsi untuk bekerja. Bahan praktis murah tidak akan bertahan lama dan pepatah terkenal “Miserly membayar dua kali” dalam pekerjaan semacam ini, seperti memangkas pohon-pohon kebun sangat sering menjadi relevan. Jenis inventaris apa yang akan kita butuhkan?

Pertimbangkan.

  1. Alat yang digunakan untuk memangkas:
    • Secateurs – alat pemotong tajam, yang digunakan untuk memotong cabang tipis (hingga 25mm);
    • Pemotong kering adalah alat yang sangat mirip dengan seorang sekutu. Memiliki pegangan yang panjang, karena itu, mudah bagi mereka untuk bekerja di tempat-tempat yang sulit dijangkau atau terlalu menebal mahkota pohon. Digunakan untuk cabang yang lebih tebal (dari 30mm);
    • Gergaji kebun sangat diperlukan untuk bekerja dengan pohon-pohon tua dan cabang-cabang besar;
    • Pisau selalu berada di ujung jari tukang kebun. Lebih mudah bagi mereka untuk melakukan pekerjaan apa pun pada pembersihan irisan dan intervensi lain yang membutuhkan akurasi;
    • Gunting – kebanyakan mereka berbentuk seperti semak, tetapi kadang-kadang mereka digunakan untuk bekerja dengan pohon-pohon muda.
  2. Peralatan untuk bekerja di kebun dan memangkas pohon.
    • tangga-tangga, untuk pemangkasan pohon-pohon tinggi;
    • sarung tangan pelindung taman agar tidak melukai tangan;
    • Kacamata pelindung melindungi mata dari keripik dan kotoran lain yang dituangkan dari cabang selama pemangkasan.
  3. Materi yang bermanfaat.
    • tali, hanya perlu untuk memperbaiki cabang yang ditekuk;
    • struts – perangkat ini mengubah sudut cabang cabang, dan juga memindahkan ranting yang mengganggu pekerjaan, yang tidak akan dipotong;
    • manset terbuat dari karet, plastik atau kain padat – akan melindungi kulit lembut dari cabang dari garter ketat.

Jangan mengabaikan sarana perlindungan individu – kacamata dan sarung tangan, kehadiran tukang kebun dalam banyak hal memfasilitasi pekerjaan ketika memangkas.

Karena ceri manis berbeda dengan kayu yang agak lunak dan rapuh, tukang kebun yang berpengalaman tidak merekomendasikan memotong cabang dengan pemangkas. Alat-alat ini tidak perlu merusak ujung ranting yang lembut. Untuk tujuan ini Sebaiknya gunakan gergaji dan pisau kebun.

Tapi, dengan satu atau lain cara, pilihan ada di tangan Anda. Pastikan untuk memperhatikan fakta bahwa semua alat pemotong harus diasah dengan baik.


Like this post? Please share to your friends:
Leave a Reply

;-) :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:

49 + = 53

map