Viral haemorrhagic rabbit disease: pengobatan

Kelinci
Penyakit hemoragik virus dari kelinci adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya seperti dapat disembuhkan dan menyebabkan kematian kawanan oleh 90-100%, sehingga sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengenali penyakit, bagaimana mencegah dan bagaimana untuk menghentikan epidemi di antara hewan peliharaan.

Deskripsi HCVB

Nama lain untuk penyakit ini adalah pneumonia hemoragik atau hepatitis nekrosis. Penyakit infeksi akut ini, ditandai dengan keracunan umum tubuh, demam, kurang nafsu makan pada hewan peliharaan, sistem saraf, keluarnya cairan dari hidung.
Agen penyebab adalah virus yang mengandung RNA. Penyakit ini rentan terhadap hewan muda yang lebih tua dari 3 bulan dan kelinci dewasa. Penyakit berkembang cukup cepat dan tidak segera terlihat oleh petani.
Paru dan hatiTerkena paru-paru dan hati pada kelinci dengan penyakit hemoragik viral
Dengan pemeriksaan pathoanatomical, ada jejak organ internal – hati, jantung, ginjal, saluran pencernaan. Pembengkakan organ dan mengarah pada kematian hewan.

Sumber penyakit

Pembawa VGBK dapat berupa hewan yang sakit atau apa pun yang bersentuhan dengan mereka, termasuk manusia.

Apakah kamu tahu? Kasus resmi terakhir dari kontrak VGBK di Rusia tercatat pada tahun 1989 di wilayah Orenburg.

Cara utama memengaruhi tubuh yang mengandung virus RNA:

  • tetes udara;
  • makanan (alimentary).

Ketika udara menyebar, virus ditularkan melalui cairan dari hidung dan pernapasan kelinci. Dalam hal ini, bahkan kulit pun terinfeksi virus.
Kelinci
Ketika metode transmisi pencernaan menangkap segala sesuatu yang berhubungan dengan pasien: sampah, peminum, pengumpan, termasuk diri mereka sendiri makanan, air, pupuk kandang, tanah, deck, kandang untuk kelinci, membangun objek dalam rabbitry tersebut.

Saat menghubungi objek dari kelinci yang terinfeksi, Anda dan hewan peliharaan atau burung lainnya membawa virus ke tempat lain yang belum dikuasai.

Kami menyarankan Anda untuk membiasakan diri dengan fitur pembantaian dan teknik memotong kelinci.

Bentuk penyakit

Periode laten infeksi berlangsung 2-3 hari. Selama waktu ini virus berhasil sepenuhnya memukul tubuh. Dengan kecepatan yang berlebihan, tidak akan ada gejala eksternal. Pada hari ke-4 sampai ke-5 akan ditemukan bangkai kelinci mati. Satu-satunya manifestasi eksternal – segera sebelum kematian kelinci mulai kejang.

Gejala eksternal utama dalam kursus kronis:

  • penolakan makanan;
  • kelesuan.

Symptomatology yang tersisa adalah karakteristik dari periode post-mortem:

  • kejang-kejang;
  • mencicit;
  • tipping head;
  • bercak dari hidung.

Kelinci
Kecepatan penyebaran virus membuatnya mustahil untuk mengobati penyakit. Oleh karena itu, vaksinasi adalah satu-satunya jenis perlindungan dari HCV.

Tajam

Dalam perjalanan akut VGBC, manifestasi berikut ini diamati:

  • kelinci kehilangan minat pada apa yang terjadi;
  • menolak memberi makan;
  • dipalu ke sudut;
  • menyentak-entakkan cakar;
  • erangan, melempar kepalanya ke belakang.

Periode akut berlangsung 2-4 hari. Sebelum kematian dari hidung muncul bercak.

Penting! Jika populasi terinfeksi VGBC, maka, menurut pengamatan petani, yang pertama mati adalah perempuan.

Kronis

Bentuk kronis bisa bertahan hingga 10-14 hari. Perjalanan penyakit semacam itu mungkin terjadi pada kelinci dengan sistem kekebalan yang kuat. Memerangi tubuh dengan virus memperlambat penyebarannya. Pada saat ini, hewan itu dapat mudah tersinggung, adalah buruk untuk makan dan mati dari pendarahan internal organ pembengkakan.

Pengobatan

Karena penyakit berlangsung sangat cepat, pengobatan penyakit tidak dilakukan. Kelinci dibuang, kelinci benar-benar didesinfeksi. Untuk mencegah infeksi, perlu untuk mencegah penyakit secara tepat waktu.

CrawleyCarcases dari korban penyakit kelinci
Diagnosis ditegakkan oleh dokter hewan berdasarkan mortalitas massal kelinci dan pemeriksaan patoanatomi pada almarhum. Peternak perlu membasmi hewan yang telah meninggal ke klinik hewan untuk diperiksa.

Layanan dokter hewan dalam hal konfirmasi diagnosis:

  • menyatakan zona karantina;
  • memeriksa semua kelinci di desa;
  • pasien membunuh dan memanfaatkan;
  • vaksinasi kondisional yang sehat.

Peternak melakukan desinfeksi lengkap terhadap kelinci dan mentransplantasi hewan yang kondisional sehat ke lokasi lain. Di kamar dengan kelinci, disinfestations harian dilakukan.

Ini bagian dari ternak, yang dianggap kondisional sehat, vaksinasi berikutnya dilakukan setidaknya 1 kali dalam enam bulan. Vaksin dikemas dalam botol sudah dalam bentuk siap pakai, yang cukup nyaman jika Anda membuat kelinci sendiri.

Beberapa penyakit kelinci bisa berbahaya bagi manusia, jadi kami sarankan Anda untuk mencari tahu apa yang dapat terinfeksi dari hewan-hewan ini.

Tindakan pencegahan

Tindakan pencegahan meliputi:

  • kepatuhan dengan jadwal vaksinasi wajib;
  • kepatuhan terhadap karantina untuk hewan dan individu baru setelah vaksinasi;
  • desinfeksi sistematis pada kelinci dan disinfeksi.

Vaksinasi

Sebelum timbulnya penyakit

Untuk semua orang yang berdarah panas, pilihan untuk vaksinasi primer bisa 3:

  • vaksinasi kelinci selama kehamilan;
  • Inokulasi kelinci pada usia lebih dari 1,5 bulan, tetapi kurang dari 3 bulan;
  • vaksinasi hewan dewasa.
Penting! Jika vaksinasi dilakukan pada hewan dengan masa inkubasi laten penyakit, maka akan mati dalam waktu 1-4 hari. Kelinci sehat dapat merasakan apatis umum dan mengurangi aktivitas selama beberapa hari. Kondisi ini normal dan tidak memerlukan perawatan medis tambahan.

Organisme kelinci yang dicangkok menciptakan kekebalan tidak hanya untuk itu, tetapi untuk keturunan masa depan sampai kelinci mencapai usia 2 bulan.

VaksinVaksin tersedia untuk digunakan:

  • polivalen formulvacin;
  • 3 jenis vaksin jaringan lyophilized.

Vaksinasi orang dewasa dilakukan secara musiman – di musim semi dan di musim gugur. Injeksi dilakukan secara intramuscular di paha.

Hewan yang baru tiba harus disimpan di karantina selama 1 bulan. Karantina tidak memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi penyakit yang ada pada masa inkubasi. Tapi itu memungkinkan untuk mencegah infeksi ternak Anda dengan kemungkinan infeksi dari luar.

Setelah vaksinasi, hewan-hewan itu juga disimpan di karantina 10 hari. Ini membantu mencegah infeksi pada saat vaksin tidak di tempat.

Apakah kamu tahu? Prototipe vaksinasi ada pada semut. Jika seekor semut terinfeksi spora jamur parasit, ia tidak diisolasi, tetapi semacam vaksinasi dilakukan dengan menyampaikan perselisihan ini kepada orang-orang lain. Mereka tidak cukup untuk menginfeksi, tetapi cukup untuk mengembangkan kekebalan.

Setelah penyakit

Jika peternakan memiliki kasus penyakit, hewan peliharaan yang bersyarat sehat harus divaksinasi wajib.
Kelinci dipindahkan ke ruang baru yang didesinfeksi dengan kandang, peminum, pengumpan, dan inventaris baru. Kamar di mana mereka berada, didesinfeksi. Disinfeksi juga wajib untuk mobil di mana bangkai kelinci mati dibawa.
Ikan mas
Langkah-langkah untuk desinfeksi kelinci:

  1. Kotoran, kotoran, persediaan, yang digunakan pada kelinci yang terinfeksi, dibakar di lubang biothermal (Bekkari pit).
  2. Bulu diperlakukan dengan larutan formaldehida 2%.
  3. Semua permukaan diperlakukan dengan pemutih.
  4. Pakaian yang diproses kelinci dirawat dengan larutan kimia.
  5. Tahan karantina 2 minggu sebelum mengembalikan hewan kembali ke ruangan.
Baca tentang cara membuat kelinci sendiri.

Apakah mungkin makan daging setelah vaksinasi?

Diyakini bahwa virus VGBC untuk manusia dan hewan lain aman. Tetapi ini tidak berarti bahwa seseorang atau objek yang telah bersentuhan dengan kelinci yang terinfeksi tidak akan menjadi pembawa virus.
Daging kelinci
Konsentrasi maksimum virus ada di hati kelinci yang mati. Karena itu, organ dan kaki bagian dalam perlu dibakar. Daging harus benar-benar dipanaskan. Virus mati pada suhu di atas 60 derajat setelah 10 menit. Ada daging yang tidak diolah dilarang.

Cari tahu apa itu daging kelinci yang enak dan bagaimana cara memasaknya dengan benar.

Ingat bahwa vaksinasi ternak tepat waktu dan kepatuhan dengan tindakan pencegahan akan membantu menjaga kelinci Anda tetap sehat. Jika hewan telah sembuh dari penyakit menular, maka kesehatan selanjutnya tergantung pada seberapa baik kelinci dan semua barang yang bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi didesinfeksi.

Ulasan

Sejauh yang saya tahu VGBK tidak ditransfer ke angin, tetapi ditoleransi dengan baik oleh para peternak di lipatan pakaian untuk sepatu dengan persediaan, dan seterusnya … Dalam pengajuan ini kelinci, virus tidak mati, makan anjing kelinci, dan virus akan berada di sekitar bilik dan di rumput. .. Kemudian Anda berada di sepatu akan membawa virus ke rabbitry yang …

Secara umum, ketika VGBK, seperti telah saya menyarankan peternak, jelas dan tanpa kompromi karantina … Dan jika seseorang menjatuhkan kelinci mati dari teman dan tetangga, jangan biarkan mereka di halaman, karena MEMASUKI virus pada Anda.

Krapivin
https://fermer.ru/comment/827075#comment-827075


Like this post? Please share to your friends:
Leave a Reply

;-) :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:

+ 30 = 39

map